Cara Memasang Font Microsoft Windows di Ubuntu 18.04


Waktu lokakarya LibreOffice Writer yang akan dilaksanakan di STIKOM Surabaya tinggal satu minggu lagi. Beberapa persiapan sudah saya lakukan termasuk membuat materinya.









Satu hal yang hampir saya lupakan, tipografi. Ya, mayoritas kampus di Indonesia memiliki ketentuannya masing-masing dalam mengatur format laporan. Baik laporan setelah praktikum (di kampus tempat saya belajar namanya lapres atau laporan resmi), magang atau tugas akhir (skripsi). Tipografi termasuk bagian yang sangat vital.





Tipografi dalam penggunaanya sama seperti perangkat lunak, ada yang bebas ada juga yang tidak bebas (close source atau proprietary).





Contoh tipografi bebas yaitu font Liberation yang membawa tiga model dalam keluarganya, yaitu Sans (huruf tanpa kait, jenis font tak formal), Serif (huruf berkait, jenis font formal) dan Mono (Monospace, jenis huruf yang ukuran melintang huruf dan karakternya sama lebarnya secara horizontal). Tipografi ini sudah terpasang sebagai tipografi default di mayoritas distribusi GNU/Linux.





Contoh tipografi tak bebas atau proprietary yaitu Times New Roman (jenis font Serif), Arial (jenis font Sans) dan Courier New (jenis font Mono). Tipografi ini sudah terpasang sebagai tipografi default di Microsoft Windows.





Pertanyaanya adalah saat memulis laporan skripsi, manakah tipografi yang akan kita gunakan? Apakah yang tipografi bebas seperti Liberation, ataukah tipografi tak bebas seperti Times New Roman dkk.?





Saya yakin, jawabannya tergantung dengan ketentuan instansi terkait, bukan? Ya, jenis tipografi Serif, Times New Roman-lah yang lebih dikenal dan mayoritas digunakan.





Masalahnya, bagaimana pengguna Ubuntu dan GNU/Linux lain menggunakan font tak bebas tersebut? Tentu kita harus memasangnya. Lalu, bagaimana cara memasang font Microsoft Windows di Ubuntu 18.04? Mari simak caranya berikut ini.





Sebelum memasang tipografi atau font proprietary, usahakan membaca ketentuan penggunaanya atau lisensi yang disertakan pada waktu instalasi.

ChotibulStudio




Pasang Font Microsoft Windows di Ubuntu





Pada bagian subbab ini, kita akan memasang semua paket font yang sudah ditentukan oleh paket ttf-mscorefonts-installer. Paket ini sudah tersedia didalam komponen repo multiverse.





Untuk melakukan pemasangan Microsoft Windows font di Ubuntu, kita memerlukan Advanced Package Tool atau APT. Ketik perintah berikut.





$ sudo apt update && sudo apt install ttf-mscorefonts-installer




Perintah di atas digunakan untuk melakukan pembaruan daftar paket dari repo sekaligus memasang paket ttf-mscorefonts-installer.





End User License Agreement




Saat melakukan proses pemasangan paket ttf-mscorefonts-installer, paket tersebut akan menampilkan EULA (end user license agreement; perjanjian lisensi pengguna akhir) silahkan baca perjanjian lisensi dan klik Ok untuk melanjutkan.





Persetujuan terhadap EULA




Selanjutnya, akan muncul kembali jendela konfigurasi yang menanyakan apakah kita setuju dengan perjanjian lisensi. Arahkan pilihan ke Yes kemudian klik enter untuk melanjutkan.





Tunggu beberapa waktu. Installer paket ttf-mscorefonts-installer akan mengunduh beberapa font dan memasanya ke sistem.





Proses instalasi telah selesai




Setelah proses instalasi Microsoft Windows font selesai, kita perlu memperbarui cache font, gunakan perintah berikut.





$ sudo fc-cache -f -v




Sampai pada langkah ini, kita sudah bisa menggunakan Microsoft Windows font di Ubuntu.





Mengatasi Gagal Saat Mengunduh dan Memasang Microsoft Windows Font





Pada bagian subbab ini mengulas masalah yang saya temui saat memasang Microsoft Windows font di Ubuntu. Adapun galat yang saya temui adalah koneksi ke cerminan (mirror) terputus. Masalah itu disebabkan karena koneksi internet yang buruk dan masalah pada http redirect dari situs sourceforge.net-nya yang tidak dapat ditangani oleh installer.





Galat saat proses pengunduhan font oleh installer




Perlu kita ketahui, paket ttf-mscorefonts-installer mengunduh berkas font yang berekstensi .exe dari situs sourceforge.net bukan dari situs resmi Microsoft.





Cara mengatasinya, kita memerlukan bantuan alat pengunduh wget dan dpkg-reconfigure untuk melakukan konfigurasi ulang paket ttf-mscorefonts-installer. Selanjutnya kita unduh paket font secara manual dengan bantuan wget.





Berikut ini langkah-langkahnya.





Pertama-tama, buat direktori untuk menyimpan berkas font yang diunduh dengan wget gunakan perintah berikut.





$ mkdir /tmp/mscorefonts




$ cd /tmp/mscorefonts




Unduh font Microsoft Windows dengan perintah berikut. Disini, Anda bisa menentukan font apa saja yang perlu diunduh.





$ wget http://downloads.sourceforge.net/corefonts/{andale32.exe,arial32.exe,arialb32.exe,comic32.exe,courie32.exe,georgi32.exe,impact32.exe,times32.exe,trebuc32.exe,verdan32.exe,webdin32.exe}




Setelah proses pengunduhan selesai, hapus paket ttf-mscorefonts-installer yang bermasalah dengan perintah berikut.





$ sudo apt purge ttf-mscorefonts-installer && sudo apt autoremove




Pasang kembali paket ttf-mscorefonts-installer dengan mengabaikan kemungkinan kesalahan. Berikut perintahnya.





$ sudo apt install ttf-mscorefonts-installer




Jika masih menemukan galat serupa, kita memerlukan paket dpkg-reconfigure untuk memuat konfigurasi paket. Disini, kita bisa memasukkan lokasi tersimpannya file font yang sudah diunduh menggunakan wget.





$ sudo dpkg-reconfigure ttf-mscorefonts-installer




Masukkan path atau tempat tersimpannya font, yaitu di /tmp/mscorefonts dan tunggu sampai peroses konfigurasi dan pemasangan font selesai.





Sumber





[1] Install Microsoft Windows Fonts In Ubuntu 18.04 LTS, Available Online at https://www.ostechnix.com/install-microsoft-windows-fonts-ubuntu-16-04/





[2] Cannot install the package ttf-mscorefonts-installer, Available Online at https://askubuntu.com/a/879290


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS