Cara Instalasi SP Flash Tool di Ubuntu 18.04 LTS


Nama SP Flash Tool tampaknya sudah tidak asing lagi buat Anda yang sering bereksperimen dengan beragam Stok ROM, terkhusus bagi pengguna device yang ditenagai oleh MediaTek (MTK). Pasalnya, SP Flash Tool dapat membantu Anda untuk melakukan flashing stok ROM di device yang berotak MTK.









Seperti yang saya baca di situs resminya, SP Flash Tool atau SmartPhone Flash Tool ini dikembangkan langsung oleh MediaTek Inc. dan tersedia dengan bebas untuk di unduh, hanya saja tidak ada informasi lebih lanjut terkait lisensi yang disertakan oleh MediaTek, baik di arsip unduhan maupun di situs resminya yang beralamat di spflashtool.com.





Tutorial ini hanya membahas mengenai cara instalasi SP Flash Tool di Ubuntu MATE 18.04 LTS dan kemungkinan bisa diimplementasikan juga di varian rasa Ubuntu yang lain. Untuk keperluan uji coba flash stok ROM akan saya ulas di artikel terpisah.





Instalasi Paket Pendukung





Ada beberapa paket yang diperlukan agar SP Flash Tool dapat mengenali perangkat baru dari porta USB, untuk itu diperlukan paket-paket USB-driver.





Berikut ini perintah untuk memasang paket pendukung SP Flash Tool:





$ sudo apt install libusb-dev libmtp9 libmtp-runtime




Informasi lebih lanjut dari masing-masing paket tersebut dapat diperoleh di situs packages.ubuntu.com.





Ada lagi alat pendukung lain agar SP Flash Tool dapat berjalan dengan mulus, alat tersebut bernama libpng12-0. Hanya saja paket tersebut sudah tidak tersedia di repositori Ubuntu 18.04 LTS. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa memanfaatkan paket libpng12-0 dari repositori Xenial Xerus atau Ubuntu 16.04 LTS.





Pastikan dahulu, apakah Anda sudah memasang paket libpng12-0 apa belum, jika belum, Anda dapat mengunduh paket libpng12-0 dari Laman Paket Ubuntu 16.04 di tautan ini.





Setelah terunduh, pastikan tempat unduhannya ada di /home/useranda/Downloads/, lalu eksekusi perintah berikut untuk memasangnya.





$ sudo dpkg -i ~/Download/libpng12-0_1.2.54-1ubuntu1.1_amd64.deb




Atau Anda juga bisa memanfaatkan Gdebi untuk memasangnya.





$ sudo gdebi ~/Download/libpng12-0_1.2.54-1ubuntu1.1_amd64.deb




Sampai langkah ini, persiapan awal sebelum memasang SP Flash Tool sudah selesai dilakukan.





Instalasi SP Flash Tool





SP Flash Tool dikembangkan secara mandiri oleh MediaTek Inc. dan tidak bekerja sama dengan komunitas perangkat lunak bebas, meski begitu, MediaTek Inc. tetap menyediakan versi khusus untuk sistem operasi berbasis Linux. Dengan demikian paket SP Flash Tool hanya tersedia di repositori MediaTek pada situs resmi SP Flash Tool.





Silahkan unduh terlebih dahulu arsip paket SP Flash Tool, pastikan Anda memilih liris terbaru (ditandai dengan kata Latest). Anda dapat mengunduhnya melalui tautan ini.





Tautan unduhan SP Flash Tool untuk sistem operasi berbasis Linux, spflashtool.com/download




Setelah proses unduhan selesai, ekstrak arsip paket SP Flash Tool. Proses ekstraksi bisa dilakukan dengan cara klik kanan berkas arsipnya kemudian pilih extract here atau Anda juga bisa memanfaatkan perintah unzip melalui konsol Terminal.





Saya menyarankan menggunakan Terminal saja, karena pada proses instalasi SP Flash Tool lebih banyak dilakukan via Terminal. Berikut perintah untuk melakukan ekstraksinya.





$ unzip ~/Download/SP_Flash_Tool_v5.1824_Linux.zip




Ubah hak akses berkas flash_tool dan flash_tool.sh yang ada di dalam direktori SP_Flash_Tool_v5.1824_Linux dengan perintah berikut.





$ chmod +x ~/Download/SP_Flash_Tool_v5.1824_Linux/flash_tool
$ chmod +x ~/Download/SP_Flash_Tool_v5.1824_Linux/flash_tool.sh




Periksa dan pastikan nama pengguna Anda. Jika Anda belum tahu nama pengguna Anda, eksekusi perintah berikut.





$ whoami
choumam




Tambahkan pengguna Anda ke grup dialout. Berikut perintahnya.





$ sudo adduser choumam dialout




Verifikasi hasilnya dengan mengetikkan perintah berikut.





$ newgrp - dialout




Terakhir, salin atau pindahkan direktori SP_Flash_Tool_v5.1824_Linux, hasil ekstraksi, ke direktori /opt/.





$ sudo mv ~/Download/SP_Flash_Tool_v5.1824_Linux /opt/




Sampai pada langkah ini, proses instalasi SP Flash Tool sudah selesai, tapi belum siap untuk digunakan. Anda perlu melakukan konfigurasi tambahan agar SP Flash Tool dapat mengenali device Anda dengan baik.





Konfigurasi Aturan Whitelist Device MTK





Konfigurasi tambahan ini dibutuhkan agar device MTK Anda dapat dikenali dengan baik oleh sistem, melalui konfigurasi aturan pada udev. Paket udev berguna untuk menajemen perangkat dinamis. Baca lebih lanjut mengenai manual udev di laman manual Ubunut: udev.





Masih di Terminal yang sama, eksekusi printah berikut untuk login sebagai root.





$ sudo -i
[sudo] password for choumam:




Buat berkas aturan baru pada direktori /etc/udev/rule.d/ dengan mengeksekusi perintah berikut.





# nano /etc/udev/rule.d/80-persistent-usb.rules




Setelah editor nano terbuka dengan nama berkas 80-persistent-usb.rules, salin dan tempel baris konfigurasi di bawah ini.





SUBSYSTEM=="usb", ACTION=="add", ATTR{idVendor}=="0e8d", ATTR{idProduct}=="*", MODE="0777"




Konfigurasi di atas memiliki fungsi sebagai pengenal device yang akan Anda colokkan ke porta USB, dalam hal ini device berbasis MediaTek atau MTK. Jangan lupa, simpan konfigurasi tersebut.





Selanjutnya Anda masih perlu dua baris konfigurasi lagi di /etc/udev/rule.d/, konfigurasi kali ini dimaksudkan agar device yang Anda colokkan tidak di blacklist oleh kernel. Kira-kira seperti itu. Eksekusi perintah berikut.





# nano /etc/udev/rules.d/20-mm-blacklist-mtk.rules




Setelah editor nano membuka berkas baru dengan nama 20-mm-blacklist-mtk.rules, salin dua baris konfigurasi di bawah ini.





ATTRS{idVendor}=="0e8d", ENV{ID_MM_DEVICE_IGNORE}="1"
ATTRS{idVendor}=="6000", ENV{ID_MM_DEVICE_IGNORE}="1"




Simpan konfigurasi, setelah itu muat ulang layanan Udev dengan perintah di bawah ini.





# service udev restart




Sampai pada langkah ini, proses konfigurasi aturan whitelist device sudah Anda lakukan.





Masih ada satu langkah lagi. Tenang, ini adalah langkah terakhir.





Menjalankan SP Flash Tool





Ini adalah langkah terakhir dari rangkaian tutorial instalasi SP Flash Tool di Ubuntu MATE 18.04 dan semoga berjalan dengan baik juga di varian rasa Ubuntu yang lain.





Langkah ini adalah menguji, apakah SP Flash Tool yang sudah Anda pasang dan konfigurasi dapat berjalan dengan baik atau malah sebaliknya. Untuk menjalankan SP Flash Tool, silahakan menuju ke di direktori SP Flash Tool-nya berada.





# cd /opt/SP_Flash_Tool_v5.1824_Linux/




Jalankan SP Flash Tool seperti Anda menjalankan berkas binari .bin maupun .sh.





# ./flash_tool




Jendela utama aplikasi SP Flash Tool akan terbuka seperti gambar di bawah ini.





Tampilan aplikasi SP Flah Tool




Sumber





SP Flash Tool – The Ultimate Guide + Download Link, Tersedia Daring di https://androzoom.com/sp-flash-tool/





How to setup SP Flash Tool Linux (MTK/MediaTek Soc), Tersedia Daring di https://forum.xda-developers.com/showpost.php?p=68399428&postcount=161





Fix libpng12-0 Missing In Ubuntu 18.04 Or 18.10, Tersedia Daring di https://www.linuxuprising.com/2018/05/fix-libpng12-0-missing-in-ubuntu-1804.html





Download Page for libpng12-0_1.2.54-1ubuntu1.1_amd64.deb on AMD64 machines, Tersedia Daring di https://packages.ubuntu.com/xenial/amd64/libpng12-0/download





Demikian tutorial langkah-langkah instalasi SP Flash Tool di Ubuntu MATE 18.04 LTS. Dari sini kita tahu bahwa SP Flash Tools selain dapat dijalankan di sistem operasi Windows juga dapat pula dijalankan di sistem operasi berbasis Linux. Hanya saja tampilan informasi yang disuguhkan berbeda antara SP Flash Tool yang dijalankan di Windows dan yang dijalankan di Ubuntu.





Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam #opensource


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS