Cara Mengubah Background Layar Masuk dan Kunci di Ubuntu Desktop 18.04


Ini akan menjadi artikel ke-2 dari artikel sebelumnya yang membahas mengenai bagaimana cara merubah tampilan Ubuntu 18.04 seperti Ubuntu 18.10 dengan cara memasang Community Theme "Yuru" dan paket ikon "Saru" dengan judul Beaver rasa Cuttlefish dan tentu saja masih menggunakan lingkungan desktop baku Ubuntu, GNOME Shell.









Awalnya, saya mengira langkah-langkah ini akan mudah dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi tweaking seperti GNOME Tweak Tool, setelah saya mencoba menginstal dan mencobanya, ternyata hasilnya nihil.





Tampilan GNOME Tweak Tool




Eits, tunggu bentar bang, itu-kan ada bagian untuk mengubah tampilan kunci layarnya?





Oh, itu cuman buat tampilan ketika layar Anda terkunci aja sih, bukan latar belakang ketika Anda masuk ke sistem. Contoh dari pengaturan Lock Screen di atas seperti ini.





Tampilan yang menunjukkan bahwa komputer dalam keadaan terkunci




Nah, setelah komputer atau laptop Anda biarkan menyala beberapa saat, sesuai waktu yang sudah Anda atur tentunya, maka tampilan akan berubah seperti gambar di atas. Ketika tampilan tersebut muncul, coba Anda tekan tombol enter. Nah itulah yang saya maksud dengan layar kunci.





Baiklah, biar lebih mudah kita sebut saja GDM Greeter. Penyebutan itu saya terinspirasi dengan Unity Greeter, layar masuk/kunci milik lingkungan desktop Unity.





Memilih Gambar untuk Latar Belakang





Sebelum melakukan konfigurasi, tentu saja Anda harus menyiapkan sebuah gambar. Jika masih belum memiliki pilihan gambar, di /usr/share/backgrounds sebenarnya sudah ada beberapa gambar yang bisa Anda pilih salah satunya untuk dijadikan gambar latar belakang GDM Greeter.





Dalam hal ini saya memilih gambar dengan nama Ross Jones Rockpool (Sydney) by Chris Carignan.





Setelah menentukan gambar, mari mulai proses yang sering disebut tweaking.





Ubah Konfigurasi GDM Greeter





Konfigurasi GDM Greeter di Ubuntu 18.04 secara baku dapat dilakukan di berkas ubuntu.css yang berada di dalam direktori /usr/share/gnome-shell/theme/.





Buka berkas ubuntu.css dengan teks editor GUI agar lebih mudah. Jika Anda lebih suka melakukannya lewat Termainal, maka berikut caranya.





$ sudo gedit /usr/share/gnome-shell/theme/ubuntu.css




Setelah terbuka, cari bagian LockDialogGroup dengan memanfaatkan fitur pencarian yang bisa diaktifkan dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl+F. Anda akan menjumpai barisan kode seperti berikut.





#lockDialogGroup {
background: #2c001e url(resource:///org/gnome/shell/theme/noise-texture.png);
background-repeat: repeat; }




Ubah barisan kode hingga menjadi seperti berikut.





#lockDialogGroup {
background: #2c001e url("file:///usr/share/backgrounds/Ross_Jones_Rockpool_(Sydney)_by_Chris_Carignan.jpg");
background-repeat: no-repeat;
background-size: cover;
background-position: center; }




Simpan konfigurasi dan restart komputer atau laptop Anda. Setelah proses booting, Anda akan mendapati GDM Greeter menjadi seperti gambar di bawah ini.





Tampilan GDM Greeter yang sudah terkonfigurasi




Sumber





How to Change Login/Lock screen background in Ubuntu 18.04, Tersedia daring di https://vitux.com/how-to-change-login-lock-screen-background-in-ubuntu/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS