Cara Mengganti Tema Bawaan Ubuntu MATE

Setelah selesai memasang tema Chrome OS dan paket ikon Papirus di Ubuntu MATE pada artikel sebelumnya, kini saatnya mengganti tema dan paket ikon bawaan dengan tema dan ikon yang baru saja Anda pasang. Bagaimana caranya?

Ada beberapa cara yang penting, ada juga cara opsionalnya. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Cara Utama untuk Mengganti Tema Ubuntu MATE

Ada dua cara untuk mengganti tema bawaan Ubuntu MATE. cara pertama menggunakan Pusat Pengaturan atau cara kedua menggunakan klik kanan dengan memilih pengaturan untuk mengubah latar belakang desktop.

Membuka Pengaturan Tema dari Pusat Pengaturan

Klik menu utama atau tekan tombol super (tombol berlogo Windows) kemudian pilih atau klik Pusat Pengaturan.

Pusat Pengaturan Ubuntu MATE

Setelah Pusat Pengaturan Ubuntu MATE terbuka, Anda bisa langsung menggunakan pintasan Tugas Umum > Ganti Tema atau menggunakan kategori Tampilan dan Rasa > Penampil.

Jendela preferensi penampil Ubuntu MATE

Setelah itu, klik Atur untuk mengubah tema kustom.

Membuka Pengaturan Tema dari Klik Kanan di Desktop

Di area desktop kosong mana-pun, klik kanan lalu pilih atau klik Ubah Latar Belakang Desktop. Jendela Preferensi Penampil akan terbuka tapi dengan tab Latar Belakang aktif. Untuk membuka pengaturan tema, klik tab Tema.

Membuka pengaturan Penampil melalui klik kanan desktop

Setelah itu, klik Atur untuk mengubah tema kustom.

Mengatur Tema Bawaan Ubuntu MATE Menjadi Chrome OS

Tema Chrome OS yang baru kita pasang kemarin belum mendukung pratampil didaftar pengaturan tema, sehingga Anda perlu mengatur beberapa bagiannya sendiri.

Ada beberapa bagian yang perlu Anda atur. Kendali, bingkai jendela dan ikon. Kita mulai dari mengubah tampilan Kendali.

Pengatura tema untuk tampilan kendali

Pada tab Kendali, silahkan pilih kendali Chrome OS.

Tampilan untuk mengatur bingkai jendela

Selanjutnya, pilih tab Bingkai Jendela untuk mengatur tampilan bingkai jendela. Gulir kebawah kemudian klik pada Chrome OS.
Pengaturan tema untuk ikon

Terakhir, dan mungkin juga opsional. Tergantung dari selera Anda. Ubah pengaturan tema ikon. Pilih tab Ikon kemudian gulir ke bawah, klik pada tema ikon Papirus.

Tema ikon Papirus yang sudah kita pasang kemarin punya tiga pilihan tema ikon, reguler, gelap dan terang. Sesuaikan saja dengan selera Anda.

Sampai pada langkah ini, Anda sudah mengubah tampilan Ubuntu MATE menjadi mirip seperti Chrome OS.

Pengaturan Tambahan (Opsional)

Memasang tema Chrome OS tidak serta-merta menjadikan Ubuntu MATE berubah total tampilannya menjadi seperti Chrome OS. Setidaknya bisa hampir menyerupai namun tidak mendekati aslinya.

Karena Chrome OS ya Chrome OS, Ubuntu MATE ya Ubuntu MATE. Tetap menjadi diri sendiri namun dengan cara yang elegan. Entah saya ngomong apa ini.

Ada beberapa pengaturan tambahan yang mungkin bisa diikut sertakan sebagai pelengkap pengaturan utama. Misalnya memasang fonta tambahan, mengubah tata letak antarmuka, menambahkan animasi, mengubah ikon menu, dan beberapa pengaturan yang lain.

Memasang Fonta Tambahan

Ah, sepertinya saya akan memberikan satu bahasan mengenai produk proprietary nih. Sebel sih, tapi kalau gak pakek fonta ini tampilannya kurang jos. Itu menurut saya.

Fonta yang saya maksud ini bernama Google Sans atau Product Sans. Jika Anda pengguna sistem operasi 'robot hijau' tentu tidak asing dengan sistem fonta ini, khususnya 'robot hijau' berkode nama Pie.

Saya tidak akan memeberikan tautan untuk mengunduh Google Sans. Namun, sebagai alternatifnya Anda bisa menggunakan fonta Roboto. Anda bisa mendapatkan fonta Roboto di fonts.google.com. Jangan khawatir, semua fonta yang ada di laman tersebut berlisensi OFL (Open Font License). Beberapa ada juga yang berlisensi Apache v2.

Untuk memasang fonta di Ubuntu MATE sangat mudah, Anda tinggal mengunduh fonta yang Anda inginkan, biasanya dalam berkas arsip .zip. Buka berkas arsipnya, klik ganda pada fonta yang akan dipasang, aplikasi Pelihat Fonta akan membuka pratampil fonta yang Anda pilih, kemudian Anda tinggal klik Pasang.

Memasang fonta dari Pelihat Font

Mengubah Tata Letak Antarmuka

Ubuntu MATE hadir dengan 8 model antarmuka pengguna. Saya tidak akan menjelaskan masing-masing antarmuka tersebut disini untuk menghindari rasa bosan Anda dengan artikel yang panjang. Sebagai gantinya, Anda dapat membaca ulasan 8 model antarmuka Ubuntu MATE di tautan ini.

Untuk mengubah tata letak antarmuka pengguna Anda memerlukan aplikasi tweaking yang telah didesain khusus untuk Ubuntu MATE. Aplikasi tersebut bernama MATE Tweak. Eksekusi printah berikut untuk memasangnya.

$ sudo apt install mate-tweak

Buka aplikasi MATE Tweak.

Pengaturan untuk mengubah tata letak antarmuka Ubuntu MATE dari MATE Tweak

Untuk mengubah tampilan tata letak antarmuka pengguna Ubuntu MATE pilih menu Panel, kemudian klik pada bagian tarik-turun nama panel, pilih Netbook.

Tampilan setelah mengubah tampilan tata letak panel

Mengganti Ikon Menu

Ini termasuk pengaturan opsional jika Anda ingin menggantinya dengan logo dari brand Anda sendiri. Bukan hal yang mustahil dilakukan.

Preferensi menu

Caranya, klik kanan pada menu utama, pilih Preferansi. Saat jendela Preferensi Menu terbuka, pilih tab Tombol Utama kemudian klik ikon unggah untuk mengganti ikon Ubuntu MATE dengan logo brand Anda. Selanjutnya, arahkan ke tempat Anda menyimpan logo, setelah itu klik Buka.

Disarankan menggunakan ukuran logo berkisar antara 16 x 16 piksel hingga 32 x 32 piksel dengan format SVG.

Menambahkan Animasi

Animasi akan meningkatkan pengalaman pengguna saat mereka berinteraksi dengan suatu sistem. Ubuntu MATE menyediakan opsi khusus untuk mengaktifkan komposisi animasi. Khususnya animasi perpindahan jendela.

Opsi yang dimaksudkan dapat diaktifkan menggunakan MATE Tweak.

Mengaktifkan akselerasi tingkat lanjut dengan MATE Tweak

Buka MATE Tweak, pilih menu Jendela, pada bagian pengelola jendela pilih Compiz. Sistem akan memuat ulang pengelola jendela beberapa saat setelah Anda mengaktifkan opsi tersebut. Setelah proses pemuatan berhasil, klik Tutup pada jendela MATE Tweak.

Belum puas dengan animasi yang disuguhkan? Anda dapat memasang CompizConfig Setting Manager dan memasang plugin ekstra.

$ sudo apt install compizconfig-settings-manager
$ sudo apt install compiz-plugins-extra

Berhati-hatilah saat menggunakan Pengelola Jendela Compiz. Saya sarankan untuk membaca dokumentasinya yang mungkin tersebar di internet. Mungkin saya juga akan membuatnya di blog ini.

Penutup

Fuuh, panjang juga. Semoga Anda tida bosan membaca tutorial panjang seperti ini. Sekali lagi, ini adalah salah satu catatan dari serangkaian langkah untuk menerapkan tema Chrome OS yang sudah saya ulas di artikel terpisah.

Demikian ulasan ini saya buat. Mohon maaf apabila terdapat tulisan yang masih salah ketik. Jika ada, secepatnya akan saya benahi. Maklum, kejar tayang agar tidak menyita waktu liburan. Hehe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS