Cara Menonaktifkan SELinux di CentOS 7

Menurut tecmint.com, SELinux dijelaskan sebagai struktur keamanan mandatory access control (MAC) atau kontrol akses wajib yang dijalankan pada sisi kernel. SELinux (Security-Enhanced Linux) menawarkan cara untuk menerapkan beberapa kebijakan keamanan yang seharusnya tidak diterapkan secara efektif oleh Administrator Sistem.

Ketika Anda memasang distribusi turunan RHEL (RedHat Enterprise Linux), seperti CentOS misalnya, Anda akan mendapati SELinux aktif secara bawaan. Karenanya, mungkin beberapa layanan pada sistem Anda tidak akan berjalan dengan normal dengan mekanisme keamanan seperti ini. Agar layanan tersebut berfungsi secara normal, Anda harus menonaktifkan atau mematikan SELinux terlebih dahulu sebelum memasang dan mengkonfigurasi layanan tertentu.

Bagaimana cara menonaktifkannya? Simak ulasannya dibawah ini.

Pertama-tama, silahkan periksa status SELinux yang ada di mesin Anda dengan perintah berikut:

$ sestatus
Status SELinux dimesin saya masih aktif

Untuk menonaktifkan SELinux-nya, Anda hanya perlu mengubah sedikit konfigurasi yang ada di /etc/sysconfig/selinux. Edit berkas tersebut dengan editor favorit Anda.

$ sudo vi /etc/sysconfig/selinux

Ubah bagian berikut:

SELINUX=enforcing

Menjadi seperti ini:

SELINUX=disabled

Simpan konfigurasi yang sudah Anda buat, kemudian muat ulang mesin Anda. Setelah hidup kembali, lakukan pengecekan ulang status SELinux.

$ sestatus
Status SELinux sudah nonaktif

Sampai pada langkah ini, Anda sudah menonaktifkan SELinux di CentOS secara permanen.

Demikian tutorial yang saya buat untuk mengawali langkah dalam belajar CentOS. Sampai jumpa ditutorial-tutorial selanjutnya.

Sumber

How to Disable SELinux Temporarily or Permanently, tersedia daring di https://www.tecmint.com/disable-selinux-in-centos-rhel-fedora/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS