Cara Menonaktifkan Sitemap Bawaan WordPress 5.5

WordPress 5.5 telah resmi dirilis pada 11 Agustus 2020. Saya menjadi salah satu orang yang sangat antusias untuk segera memperbarui WordPress 5.4.2 ke WordPress 5.5. WordPress 5.5 menawarkan fitur keren yang dibagi menjadi tiga bagian; kecepatan, pencarian dan keamanan. Akan tetapi, ada satu fitur yang masih belum saya terima. Pencarian. Yap, Anda pasti sudah tahu. Itulah yang membuat saya akhirnya mengetik cara menonaktifkan sitemap bawaan WordPress 5.5, ini.

Fitur pencarian ini memungkinkan si WordPress untuk membuat peta situsnya sendiri, tanpa perlu plugin tambahan. Akan tetapi, permasalahannya adalah fitur tersebut menimpa konfigurasi plugin utama dengan kemampuan serupa. Sebut saja si YoastSEO.

Saat saya mengakses tautan ke peta situs sebelumnya, si WordPress malah mengarahkan saya ke halaman 404. Auto panik dong. Meskipun peta situs yang mengarah ke postingan dan halaman masih aman, saya lebih memilih cari aman saja. Untung fitur pencarian ini bisa dinonaktifkan.

Buat Anda yang merasakan hal yang sama dengan saya, berikut cara menonaktifkan sitemap bawaan WirdPress 5.5.

Nonaktifkan Sitemap Bawaan WordPress 5.5

Ada beberapa cara untuk menonaktifkan fitur peta situs bawaan WordPress 5.5. Nonaktifkan peta situs dengan barisan kode atau dengan plugin. Cara menonaktifkan peta situs bawaan WordPress 5.5 menggunakan kode membutuhkan pengetahuan khusus dengan struktur kode WordPress. Sebaliknya, menggunakan plugin tidak memerlukan pengetahuan khusus, asal Anda tahu cara memasangnya, semua aman.

Tanpa Plugin

Dilangkah ini, saya kasih disclaimer dulu. Saya belum pernah menggunakan langkah ini karena saya tidak menggunakan child theme. Jika Anda menggunakan langkah ini, Anda harus menggunakan child theme untuk menghindari terhapusnya kode akibat pembaruan tema Anda.

Langkah ini saya rangkum dari Dev.to dan Make WordPress Core. Jika Anda ragu dengan tulisan saya ini, Anda bisa merujuk langsung ke keduanya.

Untuk menonaktifkan peta situs tanpa plugin, Anda harus menyisipkan kode dibawah ini di berkas function.php milik tema Anda.

add_filter( 'wp_sitemaps_enabled', '__return_false' );

Kode di atas hanya menyembunyikan peta situs XML dan masih menyimpan semua fungsinya. Lalu, bagaimana cara agar fungsi peta situs bawaan dapat terhapus sepenuhnya?. Silahkan gunakan kode berikut. Kode ini dari dev.to.

add_action( 'init', function() { remove_action( 'init', 'wp_sitemaps_get_server' );}, 5 );

Dengan Plugin

Nah, ini adalah langkah yang saya pakai untuk menonaktifkan sitemap bawaan WordPress 5.5. Lebih mudah dan sederhana. Nama plugin yang saya gunakan adalah WP Disable Sitemap.

Untuk menambah plugin ini, silahkan klik menu Plugin > Tambah Baru > Ketik "WP Disable Sitemap" di kolom pencarian.

Cara Menonaktifkan Sitemap Bawaan WordPress 5.5
Plugin untuk menonaktifkan sitemap bawaan WordPress 5.5

Setelah Anda menemukan plugin-nya, klik tombol Pasang. Setelah proses pemasangan selesai, klik tombol aktifkan. Tanpa perlu konfigurasi apapun, kini Anda bisa bernafas lega. Peta situs lama Anda telah kembali seperti sedia kala.

Kesimpulan

Untuk pengguna lama, menurut saya, fitur ini agak bikin sebel. Apalagi buat Anda yang tidak membaca catatan rilisnya terlebih dahulu sebelum melakukan pembaruan. Saya-pun langsung berkeringan waktu menguji fungsi peta situs melalui Google Search Console, yang tiba-tiba langsung diarahkan ke laman 404 situs. Waktu itu juga, saya langsung membaca catatan rilis dan mencari tahu apa yang terjadi.

Syukurlah, peta situs lama dari plugin masih bisa diselamatkan. Demikian artikel yang bisa saya ketik pagi sampai menjelang sore. Semoga bermanfaat untuk Anda dan orang-orang yang Anda cintai.

Dan selamat merayakan Dirgahayu Indonesia yang ke-75. Merdeka!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS