Visual Studio Code Bisa Ngedit Berkas Secara Remote Via SSH, Canggih!

Visual Studio Code merupakan sebuah kode editor canggih yang dikembangkan oleh Microsoft. Visual Studio Code tersedia dibawah lisensi MIT dan beberapa ketentuan lisensi dari Microsoft. Siapa sangka, ternyata Visual Studio Code bisa ngedit berkas secara remote via SSH, canggih!.

Buat Anda yang ngikutin tutorial-tutorial blog ini, Anda pasti tahu.

Beberapa waktu yang lalu, saya memang lagi ngutek-ngutek tema turunan di WordPress. Waktu itu, saya benar-benar butuh sebuah editor kode yang dapat ngebantu saya dalam hal kerapian kode. Karena saya cuma punya Visual Studio Code, ya harus manfaatin yang ada dulu.

Akhirnya, saya memutuskan tanya dulu ke teman saya, Lek Joko. Kebetulan, Lek Joko ini bekerja di sebuah perusahaan sebagai tukang ketik kode.

"Lek Jok, kiro-kiro, VS Code isok digawe ngedit file remote liwat SSH, gak?". Lek Jok, kira-kira, VS Code bisa dipake buat ngedit file remote via SSH, gak?. Begitu tanya saya.

"Bisa, pasti bisa!". Begitu kira-kira jawaban Lek Joko sembari ngasih saran ke saya buat nyari ekstensi Visual Studio Code dengan kata kunci "remote".

Pasang ekstensi "remote" di Visual Studio Code

Visual Studio Code atau VS Code memang memiliki kemampuan untuk mengedit file jarak jauh melalui SSH. Kemampuan tersebut diperoleh dari beberapa ekstensi tambahan.

Untuk nemambahkan ekstensi, Anda cukup membuka jendela ekstensi dengan kombinasi tombol Ctrl+Sift+X. Setelah jendela atau tab ekstensi muncul, ketikkan kata kunci "remote". VS Code akan menampilkan semua ekstensi yang berhubungan dengan "remote".

Agar Visual Studio Code bisa mengedit file jarak jauh via SSH, Anda harus memasang setidaknya tiga ekstensi, seperti yang sudah saya tandai pada gambar di bawah ini.

Visual Studio Code Bisa Ngedit Berkas Secara Remote Via SSH, Canggih!
Jendela ekstensi Visual Studio Code

Untuk memasang masing-masing ekstensi tersebut, Anda tinggal mengeklik tombol Install kecil warna hijau yang ada di pojok kanan.

Edit berkas secara remote via SSH dengan Visual Studio Code

Ini bagian terpentingnya. Sebelum Anda bisa melakukan akses ke berkas tertentu yang ada di vps atau remote server dengan VS Code, Anda harus menyiapkan VS Code-nya terlebih dahulu.

Tampilan Visual Studio Code dengan ikon remote
Tampilan Visual Studio Code dengan ikon remote

Berikut cara menyiapkan Visual Studio Code agar bisa ngedit berkas secara remote via SSH:

  1. Buka VS Code, lalu klik ikon remote yang ada di pojok kiri bawah.
  2. Akan muncul menu drop-down di tengah-tengah jendela VS Code, pilih Remote-SSH: Connect to Host.
  3. Kemudian pilih lagi Add New SSH Host.
  4. Pada kolom isian, isikan perintah untuk akses remote ke vps atau remote server sesuai standar perintah saat Anda menggunakan SSH. Misalnya ssh chotibulstudio@192.168.22.1. Tekan tombol Enter.
  5. Pilih berkas konfigurasi untuk memperbarui. Disini saya memilih berkas konfigurasi yang ada di direktori /home/username/.ssh/.
  6. Anda akan mendapat notifikasi bahwa host telah ditambahkan. Disini, Anda bisa langsung terhubung dengan remote server Anda dengan mengeklik tombol Connect yang ada di jendela pop up notifikasi. Jika ternyata jendela notifikasinya sudah keburu tertutup, Anda cukup mengulangi langkah pertama saja. Seperti langkah dibawah ini.
  7. Klik ikon remote yang ada di pojok kiri bawah (lagi).
  8. Pada menu drop-down, pilih Remote-SSH: Connect to Host.
  9. Pilih IP yang sebelumnya sudah Anda tambahkan ke VS Code.
  10. Masukkan kata sandi remote server Anda. Setelah kata sandi diterima oleh VS Code untuk akses remote melalui SSH, VS Code secara otomatis akan mengunduh VS Code Server. Tunggulah proses pengunduhan dan penyiapan oleh VS Code.

    Pengunduhan dan penyiapan VS Code Server
    VS Code sedang mengunduh VS Code Server

  11. Selamat, VS Code Anda sudah terhubung ke remote server. Ikon remote VS Code akan menampilkan informasi protokol remote beserta alamat IP server Anda.

    Informsi bahwa VS Code sudah terhubung ke server melalui SSH
    Informasi koneksi VS Code ke remote server melalui SSH
Sampai pada langkah ini, Anda sudah terhubung dengan remote server Anda melalui SSH. Berikutnya, Anda bisa menelusuri berkas-berkas yang ada di remote server dengan cara klik Open folder lalu navigasikan secara manual Anda akan pergi kemana. Misalnya, saya ingin menavigasikan ke direktori wersaja yang ada di /home/username/. Jadi, saya tinggal memasukkan /home/username/wersaja/.

Kesimpulan

Gimana ceritanya, ngetik kode pake editor nano. Udah kodenya lumanyan panjang, ribet kalo dirapikan. Kalo udah gini, kemampuan remote SSH pada Visual Studio Code memang sangat ngebantu. Ngetik kode udah nyaman pol. Nyari tutorial buat nambahin fitur ke tema turunan, ya tinggal edit saja.

Meski gitu, sebelum Anda menyiapkan konfigurasi remote SSH, Anda harus memperhatikan hak akses direktori yang ada di remote server Anda. Apakah itu bisa diakses dengan pengguna biasa ataukah memerlukan akses root.

Demikian tutorial Visual Studio Code bisa ngedit berkas secara remote via SSH, canggih!. Semoga bermanfaat. Kita jumpa lagi di tutorial-tutorial berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Menu Navigasi di Footer Blogger

Cara Memperbaiki Galat Network Unreachable Resolving pada Named di CentOS 7

Cara Memasang WoeUSB di Ubuntu 2020 LTS